BERITA BERANDA > PUBLIKASI
Penelitian Dan Pengembangan

Pontianak Innovators Academy for ASN 2022

Mar 09 2023

Indeks Inovasi Daerah dan Indeks Daya Saing Daerah menjadi ukuran pemerintah pusat dalam memetakan ekosistem inovasi dan investasi nasional. Di tahun 2021, Indeks Inovasi Daerah Kota Pontianak masuk kategori inovatif (nilai 56,10) dengan 23 inovasi terdaftar. Di tahun 2022, 27 inovasi terdaftar dalam indeks yang diukur Kementerian Dalam Negeri ini. Namun nilainya masih dalam proses verifikasi.

Sementara Indeks Daya Saing Daerah Kota Pontianak tahun 2021 masuk kategori tinggi dengan nilai 3.149. Kota Pontianak jadi daerah dengan nilai tertinggi di Kalimantan Barat, nomor dua di Pulau Kalimantan, dan urutan 14 tingkat kota se Indonesia. Selain itu, inovasi Kota Pontianak juga rutin ambil bagian dalam kompetisi inovasi baik level kota, provinsi hingga nasional.

Untuk meningkatkan hal-hal tersebut di atas, Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Pontianak berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tanjungpura lewat Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) Untan menghadirkan Klinik Inovasi Bersama ‘Kite Bise’. Klinik inovasi ini akan menjadi teman berinovasi ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak. Wadah bersama ini diharapkan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas inovasi di Kota Pontianak.

Kickoff Klinik Inovasi Bersama ‘Kite Bise’ dimulai 6 Oktober 2022 dengan menggelar ‘Coaching Clinic Inovasi untuk Peningkatan Daya Saing Daerah’ bagi OPD, Kelurahan dan Kecamatan. Kegiatan serupa dilanjutkan untuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) tanggal 27 Oktober 2022. Sebagai tindak lanjut pengembangan kapasitas dan pembinaan inovasi unit kerja, Klinik Inovasi Bersama ‘Kite Bise’ menggelar Pontianak Innovators Academy (PIA) for ASN 2022 yang akan berlangsung November 2022 hingga Januari 2023.

Program ini akan diikuti tim inovator unit kerja di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak. Setiap tim dapat membawa ide hingga memantapkan inovasi yang sudah berjalan. Pendampingan dari akademisi dan praktisi inovasi akan dilakukan dalam satu pertemuan rutin setiap bulan, dan kebebasan dalam memilih waktu konsultasi bersama pendamping. Di akhir program, panitia akan memilih tiga tim inovator terbaik untuk mendapatkan penghargaan.

Tujuan

Adapun tujuan dari penyelenggaraan PIA for ASN 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Membagikan pengalaman berinovasi dari sudut pandang non-pemerintah;
  2. Memberikan pemahaman inovasi sebagai sebuah kerja bersama;
  3. Meningkatkan kapasitas ASN di lingkungan Pemerintahan Kota Pontianak;
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas inovasi di Kota Pontianak;
  5. Memperluas jejaring inovasi daerah.

Peserta

Peserta Pontianak Innovators Academy (PIA) for ASN 2022 adalah:

  1. Tim inovator unit kerja yang terdiri dari maksimal 3 (tiga) orang;
  2. Disarankan unit kerja mengirimkan tim inovator yang telah mengikuti ‘Coaching Clinic Inovasi untuk Peningkatan Daya Saing Daerah Kota Pontianak’ yang telah digelar BAPPEDA Kota Pontianak pada 6 Oktober 2022 (untuk OPD/kecamatan dan kelurahan) dan/atau 27 Oktober 2022 (untuk UPT);
  3. Setiap tim inovator unit kerja berkomitmen untuk mengikuti rangkaian kegiatan PIA for ASN 2022 yang akan berlangsung sejak November 2022 hingga Januari 2023;
  4. Setiap tim inovator unit kerja wajib melampirkan Surat Pernyataan Dukungan Komitmen Kepala Unit Kerja yang dapat diunduh di pranala bit.ly/doc-PIAforASN2022;
  5. Setiap tim inovator unit kerja dapat mendaftar secara online melalui pranala bit/ly/PIAforASN2022, paling lambat tanggal 23 November 2022.

Timeline

  • Design Thinking #1 Empathy – Exploring Problems & Needs (23/24 November 2022)

  • Design Thinking #2 Define – Finding Real Problem (Desember 2022)

  • Design Thinking #3 Ideate – Creating Best Solution (Januari 2023)

Benefit

Adapun keuntungan bagi peserta Pontianak Innovators Academy for ASN 2022 antara lain:

  1. Kesempatan pengembangan kapasitas dan kompetensi diri;
  2. Kesempatan mewujudkan ide dan mengembangkan inovasi yang berkualitas dan berkelanjutan;
  3. Sertifikat dengan jam pelajaran;
  4. Penghargaan untuk tiga tim inovator terbaik.

Narahubung

Bidang Litbang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Pontianak 
Jalan Zainuddin Nomor 5, Pontianak, Indonesia
Website: https://bappeda.pontianak.go.id
Whatsapp: 0812-5371-6621