DETAIL KAJIAN

Lap. Akhir Pengembangan SDM dalam rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (2018)

Thumbnail

Abstrak

Masyarakat sebagai pelanggan dalam jasa pelayanan publik semakin hari semakin bertambah kuantitasnya. Dengan demikian masyarakat yang dilayani dan ingin dipuaskan juga semakin bertambah. Implikasinya kepuasan masyarakat menjadi titik yang krusial. Jika negara tidak mampu memberikan pelayanan yang baik kepada warganya, negara akan ditinggalkan oleh warga negaranya (King dan Stivers, 1998). Untuk dapat menjalankan tugas dan fungsi sekaligus dapat memuaskan masyarakat dipandang perlu untuk melakukan beberapa bentuk usaha. Salah satu bentuk usaha yang dimaksud ialah melakukan pendidikan, pelatihan dan pengembangan pada segenap tingkatan. Diharapkan dengan dilakukannya hal ini kualitas aparatur meningkat yang kemudian dapat berimbas pada meningkatnya kualitas pelayanan guna memuaskan masyarakat sebagai pelanggannya. Bertujuan Untuk mengetahui peningkatan pengembangan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak; Untuk mengetahui kendala- kendala dalam peninkgatan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak; dan Untuk mengetahui bagaimana upaya Pemerintah Kota Pontianak meminimalisir kendala- kendala dalam peningkatan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak. Jenis penelitian ini deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif. Selanjutnya data tersebut diolah, diteliti dan dievaluasi, kemudian diklasifikasikan sesuai dengan materi pembahasan masalah. Pemerintah Kota Pontianak menyatakan, saat ini pihaknya sedang memfokuskan pada peningkatan sumber daya manusia dan pelayanan publik, karena Kota Pontianak tidak memiliki sumber daya alam sehingga fokus pada kedua hal itu dalam mendongkrak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," Sebagai kota pelayanan jasa, SDM-nya harus unggul, sementara pelayanan publiknya juga harus baik, sehingga para investor maupun pelaku usaha akan tertarik untuk berusaha di Kota Pontianak.

Lingkup

SOSIAL DAN PEMERINTAHAN

Dokumen Kajian