Kajian Tantangan dan Peluang Koperasi dan UMKM di Era Milenial
Abstrak
<p>Diawal tahun 2020, serangan wabah covid 19 yang terjadi secara global hampir diseluruh dunia termasuk di Indonesia telah memicu sentimen negatif terhadap berbagai lini bisnis khususnya bisnis UMKM. Dampak negatif akibat wabah Covid 19 ini menghambat pertumbuhan bisnis UMKM dimana pergerakan bisnis UMKM yang memerlukan ruang pamer atau promosi terhalang dengan adanya Phisical distancing dan adanya gerakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dianggap akan mampu mempercepat penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid 19 yang semakin meluas di Indonesia.</p> <p>Banyak dampak yang ditimbulkan oleh pandemi covid 19 di berbagai sektor kegiatan bermasyarakat. Kondisi ekonomi masyarakat menjadi salah satu yang terdampak secara signifikan dari adanya pandemi COVID-19, terutama bagi mereka yang menjalankan kegiatan usaha seperti koperasi dan UMKM. Usaha berskala kecil menghadapi berbagai tantangan di masa pandemi COVID-19. Akibat perubahan kondisi sosio-ekonomi yang terdampak pandemi COVID-19, pengelola koperasi dan UMKM dituntut untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam menjalankan usahanya di kala pandemi.</p> <p>Menjawab tantangan perkembangan teknologi yang semakin pesat, digitalisasi koperasi dan UMKM menjadi salah satu langkah strategis untuk mencapai efisiensi dan efektivitas layanan tanpa harus mengubah nilai dasar. Berkat perkembangan teknologi informasi, bisa dikembangkan berbagai usaha berbasis digital yang sangat berguna bagi usaha seperti koperasi dan UMKM di masa pandemi. Pandemi COVID-19 menjadi penghambat, sekaligus memberikan banyak peluang usaha untuk bermunculan. Kebutuhan masyarakat di masa pandemi dapat dimanfaatkan untuk upaya pengembangan usaha. Contohnya sederhana, di masa pandemi ini, masyarakat butuh akses terhadap kebutuhan medis seperti masker dan hand sanitizer untuk melindungi diri dari paparan virus COVID-19. Tentu, sebagai pengelola usaha dan koperasi, dapat menghimpun anggota untuk berinovasi menciptakan produk kreatif seperti masker kain berlapis yang dapat didesain sesuai kreativitas para pelaku UMKM dan anggota koperasi.</p>
Lingkup
EKONOMI DAN PEMBANGUNAN